Percakapan Salad Ayam Rempah dan Sate Ayam Kacang

The Westin Hotel, Rasuna Said, Jakarta

22  November 2017

Di sebuah meja setinggi dada yang sering ada pada jamuan makan prasmanan yang akrab engkau temui di hotel bintang lima (maaf jika kamu ternyata belum pernah ke hotel bintang lima), aku dan Novita berbincang sambil mengunyah makanan masing-masing. Novita dan sate ayam kacangnya, lalu aku beserta salad ayam rempah. Sebuah acara peluncuran mobil pabrikan Jepang yang kami hadiri secara resmi sudah berakhir, terbukti beberapa hidangan prasmanan telah habis dilahap undangan.

“Menurutku, perang dunia ke-3 akan pecah pada tahun 2018.”, ujarku.

Novita menanggapi ucapanku dengan matanya yang nyalang, biasanya mata itu selalu hilang saat dia tertawa. Beberapa helai rambutnya (selalu) keluar di sisi kanan wajahnya. Kondisi rambut-rambut itu tidak kompak, keluar ke segala arah.

“Masa sih?”, balasnya singkat dengan senyum cengar-cengir.

Pembicaraan kami kemudian berlanjut dengan pembahasan buku yang berjudul “Huru-Hara Akhir Zaman”, sebuah buku yang aku baca pada usia 9 tahun dari perpustakaan masjid Nurul Huda, masjid di Kamang Hilia, desa tempatku tumbuh. Paktuo (Bahasa Minang: Paman) Tarmizi kemudian melarangku membaca buku itu karena beliau menganggap aku masih di bawah umur.

Menurutku, beliau hanya takut menerima kenyataan. Pertama, kiamat memang sudah semakin dekat jika perang dunia ke-3 terjadi. Kedua, seorang bocah laki-laki berusia 9 tahun telah mengetahui hal itu.

Kadang kala, anak-anak memang lebih siap menerima kenyataan terburuk. Kelak kau akan merindukan kemampuan ini jika telah tumbuh menjadi manusia dewasa yang bekerja demi melunasi cicilan.

“Jika gerhana terjadi pada bulan Ramadhan, itu pertanda bahwa Dajjal segera muncul..” tambahku.

Pembicaraan kami terus berlanjut lalu berakhir dengan Novita yang merancang skenario ideal untuk menghadapi kiamat.

Palmerah, 24 November 2017

23:47 WIB

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s